so Happy

  • 07:17:10 pm on Februari 10, 2009 | 3
    Tag:, ,

    a. Slackware
    Slackware adalah distributor pertama yang memperkenalkan Linux. Distributor ini merupakan distributor yang paling tua dan masih “ tradisional”.
    Segala sesuatunya harus menggunakan teks dan lebih dekat dengan sistem UNIX. Tahap instalasinya juga masih menggunakan modus teks, sehingga kita harus dituntut benar-benar mengetahui hardware yang ada didalam komputer kita. Saat ini versi terbaru dari Slackware Linux adalah versi 7.0

    b. Red Hat
    RedHat adalah distributor yang cukup terkenal diwilayah Asia dan Amerika. Kebanyakan RedHat digunakan sebagai server, karena sudah terbukti kestabilannya dan banyak utilitis pendukungnya. Redhat artinya topi merah (bagi yang tidak bisa bahasa inggris) saat ini hanya tersedia yang enterprise saja alias bayar. Dan lagi yang menjadi patokan untuk beberapa distributor adalah RPM yang digunakan oleh RedHat menjadi sangat populer di beberapa kalangan pengguna Linux. RPM (RedHat Packet Manager) digunakan untuk menginstal paket – paket yang belum sempat diinstal apabila kita memilih instalasi standar. Versi terbaru dari RedHat Linux adalah versi 7.0

    c. Fedora
    Distributor ini adalah lanjutan dari RedHat. Lumayan terkenal , bahkan Linus torvalds yang membuat linux menggunakan distro ini. RedHat menggunakan sistem bayar. Kalau ini gratis dan cocok dipakai di komputer rumah.

    d. Mandrake
    Mandrake merupakan turunan dari RedHat Linux. Distributor ini merupakan distributor yang cukup dikenal di Indonesia karena kemudahan dalam instalasinya dan pengoperasiannya. Oleh sebab itu jika digunakan dalam jaringan di sarankan untuk menggunakan distributor ini sebagai workstationnya dan RedHat sebagai servernya. Dahulu bernama mandrake, tetapi pada tahun 2005 Mandrakesoft bergabung dengan conectiva dan memutuskan nama baru mandriva. Distro ini dioptimasi untuk jalan diprosessor Intel. Oleh sebab itu yang menggunakan Intel pasti linuxnya jalan lebih cepat Saat ini versi terbaru dari Mandrake adalah versi 7. 2.

    e.Debian GNU/Linux
    Namanya itu gabungan dari pembuatnya Ian Murdock sama istrinya Debra (Deb + Ian), hanya sekarang sudah menjadi mantan istri. Distro ini dikembangkan lewat internet, jadi tidak ada perusahaan tertentu yang memilikinya. Kalau memakai distro ini lumayan sulit, memang didesain untuk ketahanan dan sekuriti, pokoknya harus advance jika menggunakan distro ini.

    f. Ubuntu
    Merupakan distro linux paling populer dan turunan dari Debian. Cocok untuk pengguna awam, karena mudah digunakan dan fiturnya lengkap. Distro ini memakai Gnome Desktop. Distro ini juga mudah didapatkan dan gratis.Ubuntu juga banyak kmunitasnya termasuk di Indonesia jadi tidak perlu takut kesusahan mencari orang yang ahli.

    g. SuSE
    SuSE merupakan distributor dari Jerman dan lebih terkenal di kawasan Eropa. SuSE merupakan distributor pertama yang menyertakan bahasa Indonesia dalam instalasinya. Distributor ini dikenal dengan kemudahan dalam konfigurasi, dengan menggunakan YaST (Yet Another Setup Tools). Dan juga paket program yang disediakan oleh distributor ini sangat banyak, namun juga memerlukan hardware yang cukup tinggi. Saat ini versi terbaru dari distributor ini versi 7.1

    h.Trustix Linux Merdeka
    Trustix Linux Merdeka merupakan hasil karya dari programmer Indonesia. Distributor ini dibuat untuk memenuhi keinginan dari masyarakat Indonesia pada umumnya dan masyarakat TI pada khususnya untuk menggunakan Linux yang berbahasa Indonesia dalam pengoperasiannya. Distributor ini baru dirilis pada tahun 2000 yang lalu sehingga masih belum banyak beredar.

    Iklan
     

Comments

  • maniaq 7:19 pm on 10 Februari 2009 | # | Balas

    ni….. baru lagi….

  • depeiyzas 10:16 am on 4 Maret 2009 | # | Balas

    oooalah…ni kittin to….
    ru taw ku…
    tumben ngerjain tugas tin…hehe…

  • qnuun 7:20 pm on 3 Desember 2009 | # | Balas

    walaa . akeh.e ..


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: