so Happy

  • 03:16:13 pm on November 20, 2008 | 11
    Tag:,

    BILA NGGAK SEGERA DITANGANI, LUBANG PADA GIGI BISA MENYEBABKAN SAKIT JANTUNG DAN DIABETES!

    Selain alat pengunyah dan pencernaan, gigi membantu kita berbicara. Sayangnya nih, banyak yang “cuek” pada kesehatan gigi.

    90,05 % Berlubang…

    Meskipun jaringan tubuh yang paling keras, gigi mudah mengalami kerusakan. Menurut ahli kesehatan, 90,05% penduduk Indonesia memiliki masalah dengan karies atau gigi berlubang.

    Faktornya bermacam-macam, mulai dari susunan gigi yang nggak teratur, air liur terlalu asam, tambalan yang kurang baik, kebiasaan merokok, sikat gigi nggak teratur, dan lain-lain. Tetapi menrut para ahli kesehatan, karies paling sering terjadi akibat mengonsumsi makanan manis, lalu nggak sikat gigi apalagi waktu malam hari.

    Karies mula-mula terjadi pada lapisan email, ditandai adanya titik hitam, cokelat, atau putih pada permukaan gigi. Pada tahap ini gigi belum terasa sakit. Bila tidak segera ditangani, karies akan terus menjalar.  

    Serang Organ Lain

    Karies yang tidak segera ditangani dapat berbahaya bagi organ tubuh lain. Karena infeksi yang menjalar sampai ujung akar akan membuat bakteri masuk ke dalam pembuluh darah, dan ‘mampir’ ka mana-mana. Beberapa penyakit yang disebabkan antara lain :

    • Penyakit Jantung. Bakteri akan menempel pada timbunan lemak di pembuluh arteri dan menimbulkan kebekuan. Akibatnya aliran nutrisi dan oksigen terhambat sehingga menyebabkan terjadinya serangan jantung.
    • Diabetes. keberadaan bakteri di dalam pembuluh darah dapat mengganggu sistem kekebalan, sehingga tubuh melepaskan sejenis protein, cytokines. Cytokines dapat menyebabkan kerusakan sel pankreas penghasil insulin. Bila insulin diproduksi terlalu sedikit, maka dapat memicu diabetes.
    • Infeksi saluran pernapasan. Bila bakteri di gigi terisap masuk ke saluran pernapasan, bakteri dapat berkembang biak dan menyebar sampai ke paru-paru.

    {Walaupun 77,2% Penduduk Indonesia Telah menyikat gigi, hanya 8,1% yang melakukannya sesuai anjuran-setelah sarapan pagi dan sebelum tidur (sumber :Survei Kesehatan Nasional)}

    Iklan
     

Comments

  • estu 5:05 pm on 22 November 2008 | # | Balas

    wah calon dokter nih

  • kaizel 1:59 pm on 25 November 2008 | # | Balas

    bgs bgt tuh saran2nya emank btul seh kita semua memang harus rajin ngerawat gigi
    tapi kalau misalnya yang gigina gk terawat itu org yg gk mampu???
    gmn mereka mau ngerawatnya??
    kalau tiba2 gigina dah rusak trz di operasi gk ad duid gmn??
    hee hee ^^
    gk ush dipikir yaa

    • maniaq 10:59 am on 13 Desember 2008 | # | Balas

      iyo gag usah dipikir….mksdx gag usah dipikir duite, yang penting sehat…

  • ersaana 5:32 pm on 25 November 2008 | # | Balas

    Kittin pengen jadi dokter yaa..???

  • mitha 8:51 am on 26 November 2008 | # | Balas

    weeee…kittin mau jadi dokter gigi nih..?

  • anderwedz 8:56 am on 26 November 2008 | # | Balas

    Ih ngeri nih jadinya klo gigi aku lubang…

  • Nafi' Abdul Hakim 9:36 am on 26 November 2008 | # | Balas

    wah… gigiku sering bermasalah nih…
    gimana duniks…????
    bagus banget blognya…

  • fierga 5:49 pm on 26 November 2008 | # | Balas

    Hey,u pengen jd dokter gigi ta?
    He…he…he…
    Btw q masukin blogroll u dunk!

  • liecha 6:45 pm on 26 November 2008 | # | Balas

    duh.. jadi inget waktu sd aku pernah sakit gigi..!!
    Parah banget sampe nggak bisa ngapa2in. Untungnya sekarang udah nggak pernah..

  • liendazzz 10:49 am on 29 November 2008 | # | Balas

    akuh paling benci yang namanya sakit gigi jangan sampe…………..huft…x(

  • qnuun 10:56 am on 6 Desember 2008 | # | Balas

    terNyata kaLO gigi gAg di raWat..

    eFeknya GawaD..

    hhe..


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: